Sabtu, 19 November 2016

Bedah Fitur New Renault Koleos, Serasa Naik Kelas!

New Koleos

Ketika PT Auto Euro Indonesia (AEI) mengejutkan masyarakat Indonesia dengan meluncurkan crossover mungil Kwid seharga Rp 117 jutaan, sebenarnya ada satu lagi surprise yang kurang diperhatikan. 

Adalah SUV yang berdiri gagah di sebelahnya, New Koleos yang dijual Rp 460 juta untuk versi standard dan Rp 495 juta dengan opsi panoramic sunroof pun, memiliki value for money sangat baik. Fitur pada Koleos sebenarnya paling menarik perhatian. Jelas saja, beberapa di antaranya termasuk ekstracanggih dan sulit dipercaya bisa hadir dalam SUV dengan harga di bawah Rp 500 jutaan. Apa saja?

Fitur-fitur baru Renault New Kaleos

R-LINK 2

R-LINK 2 adalah head unit layar sentuh kapasitif 8,7 inci yang terpusat di fascia tengah. Selain dibuat horizontal, terasa seperti tablet multimedia. Desainnya dibuat menyatu dengan panel piano black di sekitarnya, yang membuatnya terlihat terintegrasi.

Namun oversized HU ini special, karena selain bisa menyetel media, ragam fungsi kendaraan pun bisa diatur. Termasuk mematikan Blind Spot Warning dan sensor parkir.

Mirip sistem terintegrasi pada iDrive BMW atau MZD Connect Mazda, dengan tampilan se-sleek Sensus Infotainment Volvo XC90 yang memiliki harga dua kali lipat lebih. Pada home screen, terdapat pilihan Navigation, Multimedia, Phone, Apps, Vehicle dan System dengan grid yang besar.

Sehingga absennya tombol fisikal, tetap tidak mempersulit pengendaliannya, ditambah adanya tombol kapasitif di samping.

Status climate control juga dihadirkan di bagian terbawah layar. Bahkan gesture yang familiar di smartphone seperti drag, pinch dan swipe semua bisa dilakukan.

Bose Audio System

Alih-alih menggunakan sistem audio standar, Renault tidak tanggung-tanggung mengaplikasikan Bose Premium Sound Audio System.

Untuk awalan, sistem ini memiliki total 12 speaker. Supply frekuensi rendah juga dipenuhi oleh sebuah subwoofer di belakang.

Bahkan untuk audiophille, sistem ini juga dilengkapi prosesor digital yang bisa diatur dari equalizer 7-channel dari HU R-LINK 2-nya.

Secara keseluruhan, sistem ini dilengkapi teknologi Bose Centrepoint 2, yang diklaim dapat memberi pengalaman kualitas audio tinggi yang sama kepada penumpang di manapun Ia duduk.

Sedangkan untuk input media, dapat dimasukkan via Bluetooth, input AUX dan 2 slot USB.

7 Inch Digital Instrument Cluster

Koleos menyediakan instrument cluster 2 level lebih tinggi. Bukan MID dengan layar TFT (thinfilm- transistor) saja, tetapi sepaket instrument cluster dengan layar TFT 7 inci.

Hal ini berarti tampilan spidometer bisa diubah sesuai selera, mirip instrument cluster pada BMW X6 dan Jaguar F-Pace.

Dengan mengakses pengaturannya di head unit R-LINK 2, tampilan spidometer bisa diubah ke 4 tema yang tersedia.

Kustomisasi belum berhenti, bahkan dengan satu tema yang sama, pengguna bisa mengaturnya ke 5 warna yang berbeda. Juga sekaligus akan mengubah warna ambient lighting yang tersebar di kabin.

Automatic Locking

Dengan bentuk kunci yang sangat unik dan terlihat seperti kartu, Koleos memiliki fitur automatic locking.

Hampir sama dengan teknologi smart key, namun ketambahan fungsi yang dapat membuka dan mengunci secara otomatis ketika menghampiri dan menjauhi mobilnya.

Sistem kerjanya cukup mengantungi kunci. Kemudian ketika menghampiri mobil, maka lampu DRL akan otomatis menyala untuk menyambut pengemudi, kunci pintu terbuka dan juga membuka spion lipat elektriknya.

Sebaliknya, ketika menjauhi mobil dengan kunci, maka spion akan terlipat secara elektris dan pintu terkunci secara otomatis.

Automatic Hands-Free Tailgate

Beberapa pesaingnya sudah menyediakan fitur seperti bagasi elektris, namun Koleos lebih canggih dengan fitur hands-free tailgate.

Jadi cukup memberi gestur ayunan kaki ke bawah bumper belakang untuk membuka bagasinya. Sama dengan sistem yang biasa tersedia di merek Jerman yang memiliki price tag lebih tinggi.

Selain gestur tersebut, bagasi juga bisa dibuka secara elektrik via tombol di remote dan tombol di bagian pengemudi.
Baca Juga : Sadis....LCGC Renault Kwid Cuma Rp 117 Jutaan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar