Dahulu banyak orang yang menyebut bahwa
motor matic sangat boros bensin, bahkan tingkat keborosannya di samakan
dengan motor sport ber-cc besar. Namun kini teknologi mesin semakin
canggih, karena rata-rata telah dilengkapi mesin berteknologi fuel
injection yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan membuatnya
semakin ramah lingkungan. Bahkan saat ini, hampir semua motor matic di
Indonesia telah dilengkapi sistem pembakaran Ijeksi, sehingga menjamin
keiritan bahan bakar yang dipakainya.
Setiap pabrikan sepeda motor memiliki
sebutan berbeda untuk teknologi Fuel Injection yang dipakai pada motor
matic buatannya. Sebagai contohnya adalah Honda yang memberikan nama
PGM-FI, dan Yamaha yang menyebutnya sebagai teknologi Blue Core. Pada
dasarnya teknologi Injeksi merupakan sebuah inovasi yang menjadikan
sistem pembakaran lebih sempurna, sehingga otomatis menigkatkan
efisiensi bahan bakar.
Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan
kinerja mesin dengan cara mengurangi gesekan dan menstabilkan suhu
mesin.
Sangat sulit untuk memilih motor matic
paling irit di Indonesia, karena setiap motor memiliki kapasitas mesin
berbeda-beda. Bahkan beberapa diantaranya memiliki kapasitas mesin
mencapai 125cc dan 150cc, sehingga tenaga yang dikeluarkan akan lebih
besar, dan bisa digeber dengan nyaman saat berkendara pada kecepatan
tinggi.
Namun bukan hanya efisiensi mesin dan tenaga prima yang dicari
pecinta otomotif tanah air, namun motor matic dengan desain desain
stylish dan sporty.
Setiap orang pastinya memiliki selera
berbeda-beda dalam memilih motor matic paling irit di Indonesia. Namun
akhir-akhir ini, motor matic dengan desain retro, seperti Honda Scoopy
dan Yamaha Fino sedang menjadi trends center baru di Industri otomotif
tanah air, khususnya untuk tipe sepeda motor matic.
Bagi sobat otomotif
yang tertarik membeli salah satu motor matic Injeksi, dan ingin tahu
berapa harga serta keiritan mesinnya, silahkan simak informasi Daftar motor matic paling irit yang dirangkum otomaniac.com berikut ini.
Daftar Motor Matic Paling Irit Terbaik
Honda Vario 150 eSP
1. Honda Vario 150 Esp
Mesin |
|
Harga |
|
Mesin besar berkapasitas 150cc tak
menghalagi Honda Vario 150 eSP sebagai salah satu motor matic paling
irit di Indonesia. Berbekal mesin 4 langkah SOHC yang dilengkapi sistem
pendingin cairan, motor ini memiliki konsumsi BBM dengan rasio 1 liter
untuk menempuh jarak 52.9 km. Keiritan Honda Vario 150 eSP sebenarnya
tak lepas dari teknologi PGM-FI yang mengoptimalkan sistem pembakaran
Vari 150 eSP agar lebih ramaha lingkungan dan sesuai dengan standard
emisi Euro 3. Selain itu, motor ini juga dilengkapi fitur Idling Stop
System yang secara otomatis mampu mematikan mesin dan menghidupkannya
kembali dalam hitungan beberapa detik saja.
Honda Scoopy Esp |
2. Honda Scoopy Esp
Mesin
|
|
Harga |
|
Motor matic paling irit di Indonesia
selanjutnya adalah tipe Honda Scoopy Esp. Motor dengan desain retro
tersebut hanya butuh 1 liter bensin untuk menempuh jarak 61.9 km,
sehingga membuatnya menjadi salah satu motor matic Injeksi teirit saat
ini. Kehebatan mesin motor ini tak usah diragukan lagi, karena membawa
teknologi Esp “Enhanced Smart Power” yang mampu meningkatkan efisiensi
pembakaran mesin dan meminimalisir energi terbuang, sehingga
mengoptimalkan performa kendaraan. Selain itu, Honda juga memberikan
teknologi CBS, PGM-FI, serta teknologi ISS yang berguna untuk mengurangi
emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar ketika sepeda motor ini berada
pada kondisi diam.
3. Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Mesin |
|
Harga |
|
Yamaha Mio M3 125 Blue Core menawarkan
fitur-fitur canggih, dan salah satunya adalah fitur Eco Lamp Indicator
yang berguna untuk memudahkan konsumen mengontrol pemakaian bahan bakar
motor matic Injeksi ini. Selain itu, motor ini juga dibekali mesin
canggih yang mengadopsi mesin 4 langkah SOHC dengan sistem pendingin
udara serta memiliki kapasitas silinder sebsar 125 cc. Mesin tersebut
terbukti sangat irit, dan kabarnya memiliki rasio konsumsi BBM 1 liter
untuk menempuh jarak 60.3 km. Tak hanya itu saja, motor ini juga
menawarkan desain modern yang terkesan lebih futuristik dan stylish.
Kemudian untuk tenaganya, mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 7.0
kw dan torsi mencapai 9.6 Nm.
Suzuki Nex Fi |
4. Suzuki Nex Fi
Mesin
|
|
Harga |
|
Sama seperti motor matic paling irit
yang kami rekomendasikan diatas, Suzuki Nex Fi juga dilengkapi mesin
berteknologi Fuel Injection yang membuat motor matic ini memiliki emisi
gas buang lebih rendah, serta meningkatkan Efisiensi BBM menjadi lebih
irit dibandingkan motor matic sekelasnya. Lebih hebatnya lagi, teknologi
Injeksi yang diberi nama Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection
pernah mencatatkan rekor pemakaian bahan bakar bensi 82.6 km per liter,
sehingga membuatnya sebagai salah satu motor matic paling irit di
Indonesia. Walaupun begitu, semuanya tergantung dari tingkat kecepatan
anda menggeber motor ini, karena dibutuhkan kestabilan kecepatan untuk
meraih keiritan mesin yang optimal.
Mesin
|
|
Harga |
|
Honda Beat berhasil menyabet gelar
sebagai motor matic paling irit untuk kelas 110 – 115 cc di Otomotif
Award pada tahun 2009 sampai 2010. Penghargaan tersebut tak lepas dari
pencapaian konsumsi bahan bakar 73.5 km/liter melalui mesin 4 Langkah
SOHC dengan sistem pendingin udara. Tentunya keiritan Honda Beat saat
ini jauh lebih baik, karena Honda sudah menambahkan teknologi eSP yang
berpadu dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) sehingga performa
mesin tetap bertenaga, dan mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 8.68
ps pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimum 9,01 N.m pada
6.500 rpm. Selain itu, Honda juga menyediakan banyak sekali varian Honda
Beat, mulai dari versi Beat Esp dengan varian CW, CBS, ISS, dan varian
BeAT POP eSP
Yamaha New Fino 125 Blue Core |
6. Yamaha New Fino 125 Blue Core
Mesin |
|
Harga |
|
Selain Mio M3 125 Blue Core, Yamaha juga
memiliki motor matic paling irit dengan mesin berkapasitas 125 cc,
yaitu tipe Yamaha New Fino 125 Blue Core. Kehebaan motor ini diklaim 50%
lebih irit dibandingkan Yamaha Fino yang memakai sistem pembakaran
karburator. Padahal kapasitas mesinnya meningkat dari 110cc menjadi
125cc dan mengadopsi mesin satu silinder SOHC yang mampu mengeluarkan
tenaga maksimum 9.52 ps dan torsi mencapai 9.6 N.m. Berbekal mesin lebih
irit, dan desian lebih stylsih, motor matic berteknologi Blue Core dan
memiliki fitur Eco Indicator tersebut, tentunya bisa menjadi pilihan
tepat bagi sobat otomotif yang mencari motor matic paling irit di
Indonesia.
Sebenarnya masih banyak lagi motor matic
paling irit di Indonesia yang dilengkapi mesin berteknologi Injeksi,
seperti Yamaha All New Soul GT, Yamah NMAX, Honda Vario 125 eSP, dan
Vario 110 eSP.
Namun menurut kami ke-enam motor matic yang kami
rekomendasikan diatas merupakan yang terbaik dari yang terbaik dalam
urusan efisiensi bahan bakar dan kecanggihan mesin yang dibawanya.
Mungkin tingkat rasio konsumsi BBM yang kami sampaikan akan berbeda
ketika sobat mencobanya secara langsung, karena faktor kecepatan
berkendara ataupun suhu mesin akan sangat berpengaruh terhadap keiritan
sebuah sepeda motor matic. Bagaimana sob, tertarik membeli motor matic paling irit yang mana ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar