Senin, 31 Oktober 2016

Ternyata ini 6 Motor Matic Teririt di Indonesia, Motor Matic Kamu.?????

Dahulu banyak orang yang menyebut bahwa motor matic sangat boros bensin, bahkan tingkat keborosannya di samakan dengan motor sport ber-cc besar. Namun kini teknologi mesin semakin canggih, karena rata-rata telah dilengkapi mesin berteknologi fuel injection yang mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan membuatnya semakin ramah lingkungan. Bahkan saat ini, hampir semua motor matic di Indonesia telah dilengkapi sistem pembakaran Ijeksi, sehingga menjamin keiritan bahan bakar yang dipakainya.
 
Setiap pabrikan sepeda motor memiliki sebutan berbeda untuk teknologi Fuel Injection yang dipakai pada motor matic buatannya. Sebagai contohnya adalah Honda yang memberikan nama PGM-FI, dan Yamaha yang menyebutnya sebagai teknologi Blue Core. Pada dasarnya teknologi Injeksi merupakan sebuah inovasi yang menjadikan sistem pembakaran lebih sempurna, sehingga otomatis menigkatkan efisiensi bahan bakar. 

Selain itu, teknologi ini juga meningkatkan kinerja mesin dengan cara mengurangi gesekan dan menstabilkan suhu mesin.

Sangat sulit untuk memilih motor matic paling irit di Indonesia, karena setiap motor memiliki kapasitas mesin berbeda-beda. Bahkan beberapa diantaranya memiliki kapasitas mesin mencapai 125cc dan 150cc, sehingga tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar, dan bisa digeber dengan nyaman saat berkendara pada kecepatan tinggi. 

Namun bukan hanya efisiensi mesin dan tenaga prima yang dicari pecinta otomotif tanah air, namun motor matic dengan desain desain stylish dan sporty.

Setiap orang pastinya memiliki selera berbeda-beda dalam memilih motor matic paling irit di Indonesia. Namun akhir-akhir ini, motor matic dengan desain retro, seperti Honda Scoopy dan Yamaha Fino sedang menjadi trends center baru di Industri otomotif tanah air, khususnya untuk tipe sepeda motor matic. 

Bagi sobat otomotif yang tertarik membeli salah satu motor matic Injeksi, dan ingin tahu berapa harga serta keiritan mesinnya, silahkan simak informasi Daftar motor matic paling irit yang dirangkum otomaniac.com berikut ini.

Daftar  Motor Matic Paling Irit Terbaik

 
Honda Vario 150 eSP

1. Honda Vario 150 Esp
Mesin
  • Konsumsi BBM : 52.9 km / Liter
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
  • Isi Silinder : 150 cc
  • Tenaga Maksimal : 9,3 kW / 8.500 rpm
  • Torsi Makimal : 12,8 N.m / 5.000 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 20.500.000 (Exclusive Type)
  • Rp 20.350.000 (Sporty Type)
Mesin besar berkapasitas 150cc tak menghalagi Honda Vario 150 eSP sebagai salah satu motor matic paling irit di Indonesia. Berbekal mesin 4 langkah SOHC yang dilengkapi sistem pendingin cairan, motor ini memiliki konsumsi BBM dengan rasio 1 liter untuk menempuh jarak 52.9 km. Keiritan Honda Vario 150 eSP sebenarnya tak lepas dari teknologi PGM-FI yang mengoptimalkan sistem pembakaran Vari 150 eSP agar lebih ramaha lingkungan dan sesuai dengan standard emisi Euro 3. Selain itu, motor ini juga dilengkapi fitur Idling Stop System yang secara otomatis mampu mematikan mesin dan menghidupkannya kembali dalam hitungan beberapa detik saja.
Honda Scoopy Esp

2.  Honda Scoopy Esp
 Mesin

  • Konsumsi BBM : 61.9 km / Liter
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
  • Isi Silinder : 108,2 cc
  • Tenaga Maksimal :  8,7 PS / 7.500 rpm
  • Torsi Makimal : 9.1 N.m /  6.000 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 16.650.000 (Scoopy eSP Sporty)
  • Rp 16.650.000 (Scoopy eSP Stylish)
Motor matic paling irit di Indonesia selanjutnya adalah tipe Honda Scoopy Esp. Motor dengan desain retro tersebut hanya butuh 1 liter bensin untuk menempuh jarak 61.9 km, sehingga membuatnya menjadi salah satu motor matic Injeksi teirit saat ini. Kehebatan mesin motor ini tak usah diragukan lagi, karena membawa teknologi Esp “Enhanced Smart Power” yang mampu meningkatkan efisiensi pembakaran mesin dan meminimalisir energi terbuang, sehingga mengoptimalkan performa kendaraan. Selain itu, Honda juga memberikan teknologi CBS, PGM-FI, serta teknologi ISS yang berguna untuk mengurangi emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar ketika sepeda motor ini berada pada kondisi diam.
 
Yamaha Mio M3 125 Blue Core
3. Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Yamaha Mio M3 125 Blue Core
Mesin
  • Konsumsi BBM : 60.3 km / Liter
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core
  • Isi Silinder : 125 cc
  • Tenaga Maksimal : 7,0 kW / 8000 rpm
  • Torsi Makimal : 9,6 Nm / 5500 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 14.700.000
Yamaha Mio M3 125 Blue Core menawarkan fitur-fitur canggih, dan salah satunya adalah fitur Eco Lamp Indicator yang berguna untuk memudahkan konsumen mengontrol pemakaian bahan bakar motor matic Injeksi ini. Selain itu, motor ini juga dibekali mesin canggih yang mengadopsi mesin 4 langkah SOHC dengan sistem pendingin udara serta memiliki kapasitas silinder sebsar 125 cc. Mesin tersebut terbukti sangat irit, dan kabarnya memiliki rasio konsumsi BBM 1 liter untuk menempuh jarak 60.3 km. Tak hanya itu saja, motor ini juga menawarkan desain modern yang terkesan lebih futuristik dan stylish. Kemudian untuk tenaganya, mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 7.0 kw dan torsi mencapai 9.6 Nm.
Suzuki Nex Fi

 4. Suzuki Nex Fi
 Mesin

  • Konsumsi BBM : 82.6 km / Liter
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core Technology
  • Isi Silinder : 113 cc
  • Tenaga Maksimal : 9.4 PS / 8800 rpm
  • Torsi Makimal : 8,7N-m/ 6500 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 12.650.000
Sama seperti motor matic paling irit yang kami rekomendasikan diatas, Suzuki Nex Fi juga dilengkapi mesin berteknologi Fuel Injection yang membuat motor matic ini memiliki emisi gas buang lebih rendah, serta meningkatkan Efisiensi BBM menjadi lebih irit dibandingkan motor matic sekelasnya. Lebih hebatnya lagi, teknologi Injeksi yang diberi nama Suzuki Performance (SUPER) Fuel Injection pernah mencatatkan rekor pemakaian bahan bakar bensi 82.6 km per liter, sehingga membuatnya sebagai salah satu motor matic paling irit di Indonesia. Walaupun begitu, semuanya tergantung dari tingkat kecepatan anda menggeber motor ini, karena dibutuhkan kestabilan kecepatan untuk meraih keiritan mesin yang optimal.
 Mesin

  • Konsumsi BBM : 73.5 km / Liter
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, eSP
  • Isi Silinder : 108,2 cc
  • Tenaga Maksimal : 6.38 kW / 7.500 rpm
  • Torsi Makimal : 9,01 Nm  / 6.500 rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 14.700.000 (Honda BeAT eSP CBS)
  • Rp 15.200.000 (Honda BeAT eSP CBS ISS)
  • Rp 14.500.000 (Honda BeAT eSP CW)
Honda Beat berhasil menyabet gelar sebagai motor matic paling irit untuk kelas 110 – 115 cc di Otomotif Award pada tahun 2009 sampai 2010. Penghargaan tersebut tak lepas dari pencapaian konsumsi bahan bakar 73.5 km/liter melalui mesin 4 Langkah SOHC dengan sistem pendingin udara. Tentunya keiritan Honda Beat saat ini jauh lebih baik, karena Honda sudah menambahkan teknologi eSP yang berpadu dengan sistem pembakaran Injeksi (PGM-FI) sehingga performa mesin tetap bertenaga, dan mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 8.68 ps pada putaran mesin 7.500 rpm, serta torsi maksimum 9,01 N.m pada 6.500 rpm. Selain itu, Honda juga menyediakan banyak sekali varian Honda Beat, mulai dari versi Beat Esp dengan varian CW, CBS, ISS, dan varian BeAT POP eSP
Yamaha New Fino 125 Blue Core

6. Yamaha New Fino 125 Blue Core
Yamaha New Fino 125 Blue Core
Mesin
  • Tipe : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, Blue Core Technology
  • Isi Silinder : 125 cc
  • Tenaga Maksimal : 7.0 kW (9.52 PS) / 8000rpm
  • Torsi Makimal : 9.6 N.m (0,98 kgf.m) / 5500rpm
  • Sistem bahan bakar : Fuel Injection
  • Transmisi : Otomatis, V-Matic
Harga
  • Rp 16.250.000
Selain Mio M3 125 Blue Core, Yamaha juga memiliki motor matic paling irit dengan mesin berkapasitas 125 cc, yaitu tipe Yamaha New Fino 125 Blue Core. Kehebaan motor ini diklaim 50% lebih irit dibandingkan Yamaha Fino yang memakai sistem pembakaran karburator. Padahal kapasitas mesinnya meningkat dari 110cc menjadi 125cc dan mengadopsi mesin satu silinder SOHC yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 9.52 ps dan torsi mencapai 9.6 N.m. Berbekal mesin lebih irit, dan desian lebih stylsih, motor matic berteknologi Blue Core dan memiliki fitur Eco Indicator tersebut, tentunya bisa menjadi pilihan tepat bagi sobat otomotif yang mencari motor matic paling irit di Indonesia.

Sebenarnya masih banyak lagi motor matic paling irit di Indonesia yang dilengkapi mesin berteknologi Injeksi, seperti Yamaha All New Soul GT, Yamah NMAX, Honda Vario 125 eSP, dan Vario 110 eSP. 

Namun menurut kami ke-enam motor matic yang kami rekomendasikan diatas merupakan yang terbaik dari yang terbaik dalam urusan efisiensi bahan bakar dan kecanggihan mesin yang dibawanya. Mungkin tingkat rasio konsumsi BBM yang kami sampaikan akan berbeda ketika sobat mencobanya secara langsung, karena faktor kecepatan berkendara ataupun suhu mesin akan sangat berpengaruh terhadap keiritan sebuah sepeda motor matic. Bagaimana sob, tertarik membeli motor matic paling irit yang mana ? 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar