Asal Mula
Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio (umurnya saat itu 22 Tahun). Pada awalnya, perusahaan ini hanya memproduksi peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api.
Pada Perang Dunia I, perusahaan ini memproduksi Pesawat Terbang dan
Kapal Laut. Kemudian pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru yang
berada di kota Pisa, di daerah Tuscany Italia. Empat tahun kemudian
Rinaldo Piaggio mengambil alih sebuah pabrik kecil di kota Pontedera
yang merupakan kota Industry di daerah Tuscany. Nah, Pabrik di Pontedera
inilah yang mana menjadi Pusat Perusahaan Pesawat terbesar oleh Piaggio
Selama Perang Dunia II. Namun, Pada akhir perang dunia II, Pabrik ini
di bom oleh pesawat sekutu.
Lahir Kembali
Pasca perang dunia II, kondisi ekonomi
di negara-negara Eropa lumpuh. Perusahaan Piaggio ini, kemudian di ambil
alih oleh anaknya sendiri yaitu Enrico Piaggio. Pada
saat perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk
meniggalkan bisnis aeronotika dan kemudian mulai untuk mendisain alat
transportasi yang murah. Dia memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal mobilitas yang dibutuhkan masyarakat Italia.
Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio,
Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep
dan menerbangkan helikopter modern pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat
rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio
memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran
dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang
dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu
depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk
penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat
yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.
Pada tahun 1943, konstruksi alternatif
tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor
berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan,
ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan
rodanya diambil dari roda pesawat tempur.
Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan
penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha
”kaki lima” merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini
langsung dipimpin oleh Corradino d’Ascanio. Karena itu, hak paten pun
segera dapat mereka kantongi. Hasilnya, muncullah pertama kali produk
motor skuter dengan seri MP5 (Moto Piaggio 5) atau yang lebih dikenal
dengan nama Paperino. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya
bentuk yang amat menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar