Sabtu, 15 Oktober 2016

Keren.....Inilah Sejarah Vespa legendaris yang jarang diketahui orang


 
Salah satu model Vespa
Sejarah Vespa
Asal Mula


 Sejarah vespa dimulai lebih dari seabad silam, tepatnya 1884. Perusahaan Piaggio didirikan di Genoa, Italia pada tahun 1884 oleh Rinaldo Piaggio (umurnya saat itu 22 Tahun). Pada awalnya, perusahaan ini hanya memproduksi peralatan kapal. Tapi di akhir abad, Piaggio juga memproduksi Rel Kereta, Gerbong Kereta, body Truck, Mesin dan Kereta api.

 Pada Perang Dunia I, perusahaan ini memproduksi Pesawat Terbang dan Kapal Laut. Kemudian pada tahun 1917 Piaggio membeli pabrik baru yang berada di kota Pisa, di daerah Tuscany Italia.  Empat tahun kemudian Rinaldo Piaggio mengambil alih sebuah pabrik kecil di kota Pontedera yang merupakan kota Industry di daerah Tuscany. Nah, Pabrik di Pontedera inilah yang mana menjadi Pusat Perusahaan Pesawat terbesar oleh Piaggio Selama Perang Dunia II. Namun, Pada akhir perang dunia II, Pabrik ini di bom oleh pesawat sekutu.


Lahir Kembali


Pasca perang dunia II, kondisi ekonomi di negara-negara Eropa lumpuh. Perusahaan Piaggio ini, kemudian di ambil alih oleh anaknya sendiri yaitu Enrico Piaggio. Pada saat perekonomian Italia sedang memburuk, Enrico memutuskan untuk meniggalkan bisnis aeronotika dan kemudian mulai untuk  mendisain alat transportasi yang murah. Dia memutuskan untuk fokuskan perhatian perusahaannya pada masalah personal mobilitas yang dibutuhkan masyarakat Italia.


Kemudian bergabunglah Corradino D’Ascanio, Insinyur bidang penerbangan yang berbakat yang merancang, mengkonsep dan menerbangkan helikopter modern pertamanya Piaggio. D’Ascanio membuat rancangan yang simple,ekonomis, nyaman dan juga elegan. D’Ascanio memimpikan sebuah revolusi kendaraan baru. Dengan mengambil gambaran dari tehnologi pesawat terbang, dia membayangkan sebuah kendaraan yang dibangun dengan sebuah “Monocoque” atau Unibody Steel Chassis. Garpu depan seperti Ban mendarat sebuah pesawat yang mana mudah untuk penggantian ban. Hasilnya sebuah design yg terinspirasi dari pesawat yang yang sampai saat ini berbeda dengan kendaraan yang lain.



Pada tahun 1943, konstruksi alternatif tersebut ditemukan. Awalnya memang sebuah konsep sepeda motor berkerangka besi dengan lekuk membulat bagai terowong. Mengejutkan, ternyata bagian staternya dirancang dengan menggunakan komponen bom dan rodanya diambil dari roda pesawat tempur.

Guna mengoptimalkan bentuk dan keamanan penggunanya, pabrikan yang kala itu masih terbilang sebagai usaha ”kaki lima” merancang papan penutup kaki pada bagian depan. Proyek ini langsung dipimpin oleh Corradino d’Ascanio. Karena itu, hak paten pun segera dapat mereka kantongi. Hasilnya, muncullah pertama kali produk motor skuter  dengan seri MP5 (Moto Piaggio 5) atau yang lebih dikenal dengan nama Paperino. Kendaraan ini berteknologi sederhana tetapi punya bentuk yang amat menarik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar